Tips Puasa Sehat Ramadhan


Marhaban Ya Ramadhan. Wahai saudaraku kaum muslimin wal muslimat dan sahabat blogger dimana engkau berada. Bulan ramadhan telah tiba. Sebagai sesama saudara muslim dan muslimat, sangatlah mulia bila pada bulan yang penuh berkah ini untuk kita isi saling memberi informasi yang bermanfaat mengenai dalam berpuasa sehat di bulan ramadhan. Karena sehat merupakan idaman setiap insan. Kesehatan merupakan risky yang ternilai dari Tuhan.
Tips puasa sehat ramadhan, yang akan saya sampaikan melalui blog wahyu ini semoga memberi manfaat bagi pembaca dalam menjalankan ibadah puasanya. Mengapa dalam berpuasa harus sehat? Sehat dalam berpuasa disini maknanya adalah membiasakan hidup sehat meski dalam aktivitas keseharian kita berpuasa. Lebih lanjut, bahwa meskipun berpuasa tidak mengurangi kita untuk tetap menjalankan pekerjaan rutinitas seperti biasa. Untuk itu, jelas bahwa tubuh kita kekurangan asupan energi karena seharian tidak makan dan minum. Tubuh pasti terasa lemas dan seperti kurang tenaga.
Bagaimana cara menjaga kebugaran tubuh dalam menjalankan ibadah puasa? Berikut adalah tips puasa sehat ramadhan yakni,
  1. Perbanyaklah minum air saat berbuka atau pada saat saur kurang lebih 4 sampai 5 gelas per buka puasa atau saur. Air dapat mengurangi dehidrasi tinggi dan dapat menurunkan suhu panas pada tubuh yang disebabkan pada kondisi tubuh saat beraktivitas di siang hari. Sehingga dengan demikian, mengkonsumsi iar 4 sampai 5 gelas saat berbuka atau saur dapat membawa suhu tubuh kita kembali normal. Yang lebih utama lagi saat saur, air dapat menjaga kondisi tubuh tidak aus saat bangun tidur di pagi hari. Sehingga puasa kita tetap lancar, tubuh nyaman dan tidak loyo atau kurang tenaga.
  2. Kurangilah mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas dan kecut, hal itu karena Makanan yang pedas dapat membuat lambung menjadi kembung. Sehari tidak makan, membuat sistem kerja lambung bergerak sedikit cepat dari pada hari-hari biasanya. Oleh sebab itu, pada saat berbuka disarankan untuk tidak makan terlalu kenyang. Mengapa demikian? makan dengan terlalu kenyak saat berbuka membuat perut akan sakit. Hal ini karena sistem kerja lambung yang berat karena lambung penuh dengan makanan. Sehingga berdampak perut terasa sakit. Bila hal tersebut dilakukan secara terus menerus, akan menyebabkan asam lambung. Dalam sabdaNya, Nabi Muhammad menjelaskan adab berbuka puasa sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. agar tidak menjadi malas menjalankan ibadah lainnya seperti sholat magrib dan sholat taraweh setelah berbuka karena terlalu kekenyangan.
  3. Tips yang ketiga tips puasa sehat ramadhan adalah dengan mengkonsumsi makan-makanan yang bergizi dan bervitamin. Lebih lengkapnya adalah makanan yang terdiri dari empat sehat lima sempurna. Sayuran dan buah merupakan sumber vitamin bagi tubuh. Sayuran dan buah memegang peran penting bagi kesehatan tubuh. Karena vitaminnya mampu membangun nutrisi yang kurang baik dan melengkapinya, sehingga tubuh dapat menjadi lebih segar dan sehat. sangat baik untuk dikonsumsi saat puasa saat tubuh memerlukan banyak cairan dan dan asupan vitamin. ada beberapa buah super yang manfaatnya luar biasa dari buah pada umunya.
  4. Tips puasa sehat ramadhan yang keempat sekalian yang terakhir adalah istirahat yang cukup. Gunakan waktu luang saat istirahat kerja untuk beristirahat dengan baik. Meski hanya beberapa menit, namun dengan beristirahat seluruh organ tubuh menjadi rilek sehingga tubuh terasa nyaman. apalagi istirahat pada malam hari, gunakan waktu istirahat dengan tidur yang teratur dan tidak terlalu malam. Kondisi semacam ini dapat membuat dan menumbuhkan rasa kesabaran dalam beribadah menjadi bertambah kepada Sang KhaliqNya. Amin
Demikian tips puasa sehat ramadhan kali ini, Semoga dalam bulan puasa tahun ini sahabat dapat menjalankan puasanya dengan penuh semangat sehingga puasa sahabat blogger dan sahabat muslimah dan muslimat dimanapun berada ibadah puasanya diterima oleh Tuhan dan kita menjadi umat yang dicintai Tuhan dan RasulNya. AMIN YA RAB