Download Buku Pintar Pendidikan Profesi Guru Prajabatan (PPG PRAJABATAN) 2023

Apa itu buku pintar PPG Prajabatan?

Dilansir dari laman ppg.kemdikbud.go.id senin 30 Oktober 2023, dijelaskan bahwa tujuan diterbitnya Buku Pintar Pendidikan Profesi Guru ( PPG) PRAJABATAN ini adalah merupakan komitmen pemerintah dalam hal ini dalam naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya  untuk melahirkan guru-guru yang menguasai kompetensi dasar, berorientasi utama kepada peserta didik dan pembelajaran peserta didik, berkomitmen menjadi teladan dan pembelajar sepanjang hayat serta memiliki dasar-dasar kepemimpinan.

Desain kurikulum PPG Prajabatan memiliki beberapa mata kuliah yang menunjang terbentunya sosok guru ideal yang diinginkan, yaitu: pengajaran dan asesmen yang efektif, pembelajaran sosial-emosional, proyek kepemimpinan, praktik pengalaman pembelajaran, literasi berbagai mata pelajaran, teknologi baru dalam pengajaran dan pembelajaran, pendidikan anak berkebutuhan khusus, pengembangan kurikulum dan pembelajaran berdiferensiasi.

Pemerintah mengharap, dalam hal ini melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru ini akan menjadikan guru sebagai pembelajar mandiri, inovatif, agen perubahan, berkompetensi unggul dalam pendidikan profesi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Dari uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penyelenggraan PPG PRAJABATAN memang merupakan suatu cita-cita bangsa dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan amanat Undang-undang Dasar 1945 yang menjadikan individu yang pancasilais yang bila kita jabarkan tentu sangat panjang. Hal ini sejalan dengan Pasal 60 Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 28 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemendikbudristek mengamanatkan Direktorat PPG menyelenggarakan PPG, yang bertujuan untuk menjadikan guru memiliki kompetensi unggul dan profesional yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

Apakah perbedaan PPG Dalam Jabatan dengan PPG Prajabatan?

Lebih lanjut dijelaskan didalam buku pintar PPG Prajabatan bahwa PPG Dalam Jabatan diselenggarakan untuk menyiapkan guru-guru yang berorientasi pada guru masa depan sebagai pembelajar mandiri, guru yang memiliki pola pikir reflektif, berkembang, dan melakukan perubahan. Sedangkan PPG Prajabatan PPG Prajabatan diselenggarakan untuk melahirkan guru-guru yang menguasai kompetensi dasar, berorientasi utama kepada peserta didik dan pembelajaran peserta didik, berkomitmen menjadi teladan dan pembelajar sepanjang hayat serta memiliki dasar-dasar kepemimpinan. Desain kurikulum PPG Prajabatan memiliki beberapa mata kuliah yang menunjang terbentunya sosok guru ideal yang diinginkan, yaitu: pengajaran dan asesmen yang efektif, pembelajaran sosial-emosional, proyek kepemimpinan, praktik pengalaman pembelajaran, literasi berbagai mata pelajaran, teknologi baru dalam pengajaran dan pembelajaran, pendidikan anak berkebutuhan khusus, pengembangan kurikulum dan pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Selain tujuan tersebut di atas, penerbitan buku pintar PPG PRAJABATAN ternyata juga mengulas dan dijelskan tentang rekrutmen dan perkuliahan (materi) perkulihan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan teman-teman download sendiri Klik Disini Buku Pintar PPG PRAJABATAN kemudian baca dan pelajariah.

Semoga Bermanfaat Ya???

1 komentar so far

Ini buku tentang materi PPG Prajab ya pak??