Langkah-langkah membuat
RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) adalah sebagaimana berikut yang saya
kutip di dokumentasi lembaga sekolah satuan tugas saya dengan mengacu pada
format dan sistem kurikulum saat ini yang berlandaskan pada refrensi panduan kurikulum,
silabus dan RPP dari dinas pendidikan di kesatuan tingkat kabupaten/kota kami.
Langkah-langkah membuat RPP adalah sebagai berikut.
1.
mencantumkan
Identitas, Indentitas yang dimaksud disini yaitu terdiri atas,
·
Nama sekolah : Nama
sekolah di isi oleh nama sekolah yang akan satuan kerja.
·
Mata Pelajaran : mata
pelajaran diisi dengan mata pelajaran yang di ampu atau yang direncanakan untuk
di lakukan suatu pembelajaran saat itu.
·
Kelas/Semester :
diisi kelas berapa dan semester berapa RPP ini dibuat saat itu.
·
Standar Kompetensi
: diisi dengan mengacu pada kurikulum atau silabus yang akan dijadikan sebagai
lingkup pembelajaran yang akan diajarkan dengan perencanaan.
·
Kompetensi dasar : diisi
sesuai dengan pedoman kurikulum atau silabus yang sudah ditetapkan oleh
pemerintah.
·
Indikator : indikator
yang dimaksud disini adalah merupakan ciri dari pada sebuah perilaku yang
terukur yang dapat dijadikan gambaran bahwa peserta didik telah mencapai
kompetensi dasar yang telah ditentukan oleh kurikulum dengan mengaitkan
perilaku-perilaku yang mencakup tentang sikap, pengetahuan dan sikap
keterampilan yang kemudian disusun dan dikembangkan sesuai dengan karakteristik
peserta didik, satuan pendidikan, dan potensi daerah masing-masing. Jangan lupa
perumusan indikator mengacu dan menggunakan kata kerja operasional yang tingkat
akuntabelnya dapat terukur.
·
Alokasi Waktu :
diisi dengan banyaknya waktu pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa atau
peserta didik.
2.
Merumuskan Tujuan
Pembelajaran : dalam hal ini perencanaan guru dalam proses pembelajaran
bertujuan merumuskan pembelajaran yang ingin hendak dicapai. Kata yang biasanya
di tuangkan dalam merumuskan tujuan pembelajaran adalah seperti misalnya, siswa
dapat menjelaskan pengertian demokrasi dengan benar, dll.
3. Menentukan Materi
Pembelajaran : dalam hal ini langkah yang perlu diperhatikan adalah menentukan
materi pembelajaran yang akan diajarkan saat itu.
4. Menentukan Metode
Pembelajaran : langkah yang juga tidak kalah pentingnya juga ialah langkah
dalam menentukan metode pembelajaran yang akan diberikan saat pembelajaran.
Metode merupakan serangkaian strategi atau upaya guru yang akan ditempuh dalam
upayanya dalam menyampaikan pelajaran atau metari kepada siswa agar siswa
dengan mudah dapat menerima dan mencerna materi atau pelajaran dengan baik,
senang dan tentu dapat diterima siswa sehingga pelajaran tersebut tadi menjadi
sebuah pengalaman dan pengetahuan baru yang akan mereka ingat sampai kelak.
Anda dapat membaca lebih banyak tentang Model dan Metode Pembelajaran disini.
5. Menetapkan Kegiatan
Pembelajaran : Dalam langkah ini, kegiatan pembelajaran direncanakan dan di
konsep disini dengan beberapa kegiatan-kegiatan.
·
Kegiatan awal :
pada kegiatan awal, biasanya kegiatan guru di kelas adalah menyampaikan salam,
apersepsi ( pengantar pembelajaran ), mengabsen kehadiran siswa hingga guru
melakukan tanya jawab ringan tentang pelajaran sebelumnya dengan mengaitkan
pelajaran yang akan di sampaikan hari itu.
·
Kegiatan Inti :
dalam tahap ini, langkah guru selanjutnya yang akan direncanakan di RPP adalah
melakukan atau memulai memberikan materi/bahan ajar sesuai dengan materi dan
tujuan pembelajaran tadi yang sudah ditetapkan di awal.
·
Kegiatan Penutup :
langkah yang paling akhir dalam proses kegiatan ini adalah rencana guru yang
dapat dilakukan dengan mamberi tanya jawab seputar materi yang sudah
disampaikan tadi kemudian guru dapat memberikan kesimpulan dan penguatan agar
pendalaman materi siswa lebih jelas. Kemudian guru dapat memberikan latihan
berupa soal-soal mengenai materi tadi dengan maksud memberi umpan balik dan
sebagai evaluasi guru terhadap siswa mengenai materi yang disampaikan guru.
6.
Memilih sumber
belajar : sumber belajar dapat dipilih dari berbagai sumber yang tentunya
relevan dengan materi.
7. Menentukan
Penilaian : langkah terakhir dari proses rangkaian RPP ( Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran ) adalah menentukan teknik penilaian yang akan diambil guru dalam
memberikan skor. Penilaian ini dapat berupa penilaian berupa uraian atau
pilihan ganda atau pula berupa mencocokkan/menjodohkan, tergantung minat guru
dan kreatif masing-masing guru asal materi soal tidak menyimpang dari materi
yang tadi telah disampaikan.