Langkah-langkah Membuat RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran )

Langkah-langkah membuat RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) adalah sebagaimana berikut yang saya kutip di dokumentasi lembaga sekolah satuan tugas saya dengan mengacu pada format dan sistem kurikulum saat ini yang berlandaskan pada refrensi panduan kurikulum, silabus dan RPP dari dinas pendidikan di kesatuan tingkat kabupaten/kota kami. Langkah-langkah membuat RPP adalah sebagai berikut.
1.    mencantumkan Identitas, Indentitas yang dimaksud disini yaitu terdiri atas,
·           Nama sekolah : Nama sekolah di isi oleh nama sekolah yang akan satuan kerja.
·           Mata Pelajaran : mata pelajaran diisi dengan mata pelajaran yang di ampu atau yang direncanakan untuk di lakukan suatu pembelajaran saat itu.
·           Kelas/Semester : diisi kelas berapa dan semester berapa RPP ini dibuat saat itu.
·           Standar Kompetensi : diisi dengan mengacu pada kurikulum atau silabus yang akan dijadikan sebagai lingkup pembelajaran yang akan diajarkan dengan perencanaan.
·           Kompetensi dasar : diisi sesuai dengan pedoman kurikulum atau silabus yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.
·           Indikator : indikator yang dimaksud disini adalah merupakan ciri dari pada sebuah perilaku yang terukur yang dapat dijadikan gambaran bahwa peserta didik telah mencapai kompetensi dasar yang telah ditentukan oleh kurikulum dengan mengaitkan perilaku-perilaku yang mencakup tentang sikap, pengetahuan dan sikap keterampilan yang kemudian disusun dan dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, satuan pendidikan, dan potensi daerah masing-masing. Jangan lupa perumusan indikator mengacu dan menggunakan kata kerja operasional yang tingkat akuntabelnya dapat terukur.
·           Alokasi Waktu : diisi dengan banyaknya waktu pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa atau peserta didik.
2.    Merumuskan Tujuan Pembelajaran : dalam hal ini perencanaan guru dalam proses pembelajaran bertujuan merumuskan pembelajaran yang ingin hendak dicapai. Kata yang biasanya di tuangkan dalam merumuskan tujuan pembelajaran adalah seperti misalnya, siswa dapat menjelaskan pengertian demokrasi dengan benar, dll.
3. Menentukan Materi Pembelajaran : dalam hal ini langkah yang perlu diperhatikan adalah menentukan materi pembelajaran yang akan diajarkan saat itu.
4.  Menentukan Metode Pembelajaran : langkah yang juga tidak kalah pentingnya juga ialah langkah dalam menentukan metode pembelajaran yang akan diberikan saat pembelajaran. Metode merupakan serangkaian strategi atau upaya guru yang akan ditempuh dalam upayanya dalam menyampaikan pelajaran atau metari kepada siswa agar siswa dengan mudah dapat menerima dan mencerna materi atau pelajaran dengan baik, senang dan tentu dapat diterima siswa sehingga pelajaran tersebut tadi menjadi sebuah pengalaman dan pengetahuan baru yang akan mereka ingat sampai kelak. Anda dapat membaca lebih banyak tentang Model dan Metode Pembelajaran disini.
5. Menetapkan Kegiatan Pembelajaran : Dalam langkah ini, kegiatan pembelajaran direncanakan dan di konsep disini dengan beberapa kegiatan-kegiatan.
·         Kegiatan awal : pada kegiatan awal, biasanya kegiatan guru di kelas adalah menyampaikan salam, apersepsi ( pengantar pembelajaran ), mengabsen kehadiran siswa hingga guru melakukan tanya jawab ringan tentang pelajaran sebelumnya dengan mengaitkan pelajaran yang akan di sampaikan hari itu.
·         Kegiatan Inti : dalam tahap ini, langkah guru selanjutnya yang akan direncanakan di RPP adalah melakukan atau memulai memberikan materi/bahan ajar sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran tadi yang sudah ditetapkan di awal.
·         Kegiatan Penutup : langkah yang paling akhir dalam proses kegiatan ini adalah rencana guru yang dapat dilakukan dengan mamberi tanya jawab seputar materi yang sudah disampaikan tadi kemudian guru dapat memberikan kesimpulan dan penguatan agar pendalaman materi siswa lebih jelas. Kemudian guru dapat memberikan latihan berupa soal-soal mengenai materi tadi dengan maksud memberi umpan balik dan sebagai evaluasi guru terhadap siswa mengenai materi yang disampaikan guru.
6.    Memilih sumber belajar : sumber belajar dapat dipilih dari berbagai sumber yang tentunya relevan dengan materi.
7.    Menentukan Penilaian : langkah terakhir dari proses rangkaian RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) adalah menentukan teknik penilaian yang akan diambil guru dalam memberikan skor. Penilaian ini dapat berupa penilaian berupa uraian atau pilihan ganda atau pula berupa mencocokkan/menjodohkan, tergantung minat guru dan kreatif masing-masing guru asal materi soal tidak menyimpang dari materi yang tadi telah disampaikan.