Pendidikan di sekolah dasar merupakan salah satu tempat yang menjadi
bagian dari kehidupan anak-anak. di sekolah dasar, anak banyak melakukan berbagai
aktivitas baik fisik maupun psikis, mulai dari belajar di kelas sampai bermain
di halaman sekolah atau di dalam kelas. Tidak salah kalau pada usia-usia sekolah dasar bermain merupakan dunianya anak.
Dengan demikian, fungsi dan peran sekolah dasar bagi perkembangan anak tersebut membawa kehadiran guru di kelas dan teman-taman siswa di sekolah, semakin
meyakinkan bahwa kebermaknaan lingkungan sekolah dapat memberi pengaruh terhadap
tahap-tahap perkembangan belajar anak. Guru merupakan orang yang sudah dididik dan dipersiapkan
secara khusus dalam bidang pendidikan. Dengan mengusai segenap bekal pengetahuan dan
keterampilan yang bisa menjadikan stimulus
bagi perkembangan anak-anak yang mereka dapatkan di bangku kuliah yang dilengkapi dengan penguasaan ilmu pengetahuan tentang strategi, teknik dan metode/model dalam pembelajaran. Dalam konteks perkembangan anak, kehadiran guru merupakan
keunggulan dari pada orang-orang dewasa lainnya. Hal ini dapat diasumsikan
bahwa pengalaman interaksi pendidikan dengan guru di sekolah khususnya di
sekolah dasar akan membawa interaksi pengalaman anak yang bermakna dari pada
dengan sembarang orang.
Pengaruh sekolah terhadap perkembangan aspek kognisi
sangat terlihat jelas. kegiatan utama anak di sekolah adalah mengikuti kegiatan
belajar yang sangat berkaitan dengan proses pengembangan kognisi anak. Berbagai
penelitian (Santrock dan Yussen, 1992), memberikan kontribusi yang meyakinkan
bahwa perkembangan kognisi anak yang sekolah sangat berbeda dengan anak yang
tidak sekolah. Namun, bila ditilik dari segi muatan isi kurikulum yang
eksplisit (explicit curriculum) maupun yang bersifat implisit (hidden
curriculum), banyak unsur-unsur muatan yang bernilai dengan aspek-aspek
sosiomoral lainnya yang terlibat dalam proses interaksi pendidikan dengan anak
di sekolah dasar. Hal itu dapat diartikan, bahwa interaksi pendidikan di
sekolah dasar tidak hanya berkenaan dengan perkembangan aspek kognisi anak,
lebih dari itu juga berkenaan dengan perkembangan aspek-aspek pribadi lainnya.
Dari uraian tersebut di atas, dapat dimaknai
bahwa dari sisi perkembangan anak, sekolah dasar berfungsi dan bertujuan untuk
memfasilitasi proses pada tahap perkembangan belajar anak di sekolah dasar secara menyeluruh, sehingga dapat
berkembang secara optimal sesuai dengan harapan dan norma yang berlaku di masyarakat.
meskipun tampaknya sekolah itu sangat dominan dalam perkembangan aspek intelektual
dan kognisi anak, namun sebenarnya sekolah berfungsi dan berperan dalam
mengembangkan segenap aspek perubahan perilaku dan aspek sosiomoral serta emosi
ke arah jenjang selanjutnya yang lebih baik yang berguna dan bermanfaat bagi
orang lain, agama, bangsa dan negaranya sesuai dengan tujuan pendidikan
nasional.
Fungsi sekolah bagi perkembangan anak sangat-sangat penting. mengingat sekolah tempat belajar, sekolah juga rumah bagi anak-anak dalam mencari jati diri yang sebenarnya. perkembangan anak dimulai dari ia belajar, dengan belajar tersebut anak akan semakin tumbuh dan berkembang sejalan dengan apa yang ia lihat dan apa yang ia rasakan. sekolah sebagai sarana ia berkembang menuju harapan masa tuanya. dari berbagai aspek kehidupan, fungsi dan peran sekolah sangatlah luas dan banyak sekali manfaatnya untuk bekal mereka (siswa) pada nantinya dikemudian. dari sekolah itulah anak menjadi tahu dan mengerti pola sikap yang baik, berkata dan berpikir objektif serta manata kemandiriannya sejalan bersama tumbuh kembangnya usia.
Fungsi sekolah bagi perkembangan anak sangat-sangat penting. mengingat sekolah tempat belajar, sekolah juga rumah bagi anak-anak dalam mencari jati diri yang sebenarnya. perkembangan anak dimulai dari ia belajar, dengan belajar tersebut anak akan semakin tumbuh dan berkembang sejalan dengan apa yang ia lihat dan apa yang ia rasakan. sekolah sebagai sarana ia berkembang menuju harapan masa tuanya. dari berbagai aspek kehidupan, fungsi dan peran sekolah sangatlah luas dan banyak sekali manfaatnya untuk bekal mereka (siswa) pada nantinya dikemudian. dari sekolah itulah anak menjadi tahu dan mengerti pola sikap yang baik, berkata dan berpikir objektif serta manata kemandiriannya sejalan bersama tumbuh kembangnya usia.
2 komentar
ok coy jawabanyaaaaaaaaaa@
makasih kunjungannya pak bos